Sabtu, 02 Juni 2012

Tips berkendara di Jalan Tol

Rental mobil Sifadiafira tidak hanya menyediakan anda kebutuhan sewa mobil, tetapi kami pun memberikan tips-tips berguna seputar otomotif, kendaraan maupun lalulintas. Berikut tips seputar berkendara di jalan tol

Tahukah anda kalau highway menjadi jalur paling berbahaya. Bagaimana tidak, hampir semua kendaraan berkecepatan minimal 80 Kilometer per-jam melaju pada ruas jalan ini. Bila tidak ada persiapan yang memadai bahay mengintai anda.

Inilah hal-hal yang mesti dipesriapkan sebelum masuk ke ruas jalan bebas hambatan.

  1. FISIK PENGEMUDI. Memasuki jalan tol perlu konsentrasi tinggi dalam mengemudi. Nah, untuk tetap dapat berkonsentrasi dibutuhkan kebugaran, terutama pengemudi. Jangan ragu untuk melakukan gerakan ringan (senam) sebelum mengemudi.
  2. KONDISI BAN. Kecelakaan yang diakibatkan ban menempati urutan teratas di jalan tol. Untuk itulah diperlukan pemeriksaan secara periodik kondisi aktual ban, serta perhatikan tekanan angin yang direkomendasikan. Jangan lupa ban cadangan yang sewaktu-waktu dibutuhkan dalam kondisi darurat.
  3. KONDISI LAMPU. Pastikan lampu mobil dalam kondisi baik, karena selain sebagai alat penerangan lampu anda bisa di gunakan sebagai alat komunikasi lain dengan kendaraan sekitar. Periksa lampu sein, beam hingga lampu kabut.
  4. BAHAN BAKAR. Tidak sedikit pengendara yang mengabaikan kondisi bahan bakar mobil saat masuk jalan bebas hambatan hingga terlanda panik saat indikator bbm berkedip. Resiko nya kendaraan bisa mogok dan konsentrasi mengemudi jadi terganggu.
  5. MEMPERSIAPKAN UANG DAN KARTU TOL. Siapkan sejumlah uang untuk pembayaran jalan tol, sehingga anda tidak perlu tergesa-gesa mencari sejumlah uang untuk bayar di pintu tol. Selain itu letakkan kartu tol dengan baik dan mudah dijangkau agar tak perlu mencari-cari kartu tol yang terselip.
  6. NOMOR DARURAT DAN DEREK RESMI. Jangan ragu untuk menghubungi nomor kontak pengelola jalan tol saat mengalami keadaan darurat. Mulai dari menanyakan kondisi jalan hingga kebutuhan mobil bantuan dan mobil derek.
  7. INFO LALULINTAS. Meski sudah berada di ruas jalan tol bukan berarti anda bebas masalah lalu lintas. Tetap pantau informasi lalu lintas yang anda butuhkan. Anda bisa mengakses nya via radio, twitter, facebook, internet dan lain-lain.
  8. PASTIKAN TUJUAN. Jangan sampai tanpa sadar pintu keluar tol tujuan anda justru terlewati. Hal ini akan membuang waktu anda dan bisa-bisa jadwal pun jadi berantakan.
Diambil dari tabloid Nova Online, sumber : Majalah Autobild Indonesia

untuk kebutuhan transportasi anda rental mobil sifadiafira menyediakan layanan jasa sewa mobil. Tersedia avanza, innova, travello, lexio dll . Kunjungi www.sifadiafira.com

Like the Post? Do share with your Friends.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IconIconIconFollow Me on Pinterest

What's Hot