Selasa, 21 Januari 2014

Hindari Resiko Mobil Rusak Akibat Banjir Dengan Cara Sewa Mobil

Banjir di Jakarta telah memasuki kondisi yang sangat mengkhawatirkan. Kerugian moril dan materil yang diakibatkan banjir sudah tidak terhitung jumlah nya. Memang, tidak ada cara lain yang bisa di lakukan untuk menghindari meluasnya dampak kerugian-kerugian tersebut selain meminimalisir sebisa mungkin harta benda berharga seperti Televisi, Kulkas, mesin cuci dan peralatan-peralatan elektronik lain nya serta kendaran pribadi mobil dan motor akibat nekat menerjang banir.


Berikut ini kami paparkan beberapa kerusakan pada mobil yang di akibatkan nekat menerjang banjir.


Oli Yang Tercampur Dengan air


Pada saat bagian bawah mobil terendam, maka pada saat itu juga air akan berusaha mencari celah masuk ke bagian-bagian dalam mobil, termasuk juga akan memasuki di bagian transmisi. Ketika air masuk ke bagian ini, maka oli yang ada di bagian ini akan ikut terkontaminasi. Oli yang sudah tercampur dengan air akan kehilangan daya lumas secara drastis, sehingga rentan membuat komponen mesin menjadi berkarat. Disamping itu, sebelum menjadi berkarat, daya lumas oli yang berkurang juga akan menyebabkan gesekan menjadi aus sebelum waktu nya. Kerusakan juga akan terjadi pada plat kopling berlapis jika mobil tersebut menggunakan transmisi otomatis. Mengganti satu set plat kopling ini memakan biaya yang cukup mahal. Ciri-ciri oli yang tercampur dengan air yaitu akan berwarna lebih muda dan agak mencair. Apabila ini terjadi, segera lakukan penggantian oli guna menghindari kerusakan yang lebih parah.
mobil-terendam-banjir-jakarta


Water Hammer


Water hammer adalah kerusakan paling parah yang diakibatkan oleh masuk nya air akibat banjir pada saat ruang bakar mesin seedang bekerja. Akibat nya, piston yang berfungsi sebagai pengkompres udara dan bahan bakar akan ikut pula mengkompres air yang masuk. Air adalah zat yang tidak bisa di kompres. Apabila ini terjadi, maka tekanan yang yang ada di dalam ruang bakar akan meningkat menjadi sangat tinggi sehingga mengakibatkan piston berlubang, jika sudah berluabng setang pistong akan patah dan blok mesin bisa menjadi pecah. Biaya perbaikan akibat kerusakan ini sangat tinggi, apalagi jika mobil tersebut menggunakan teknologi mesin terkini.


Alternator Bisa Menjadi Korslet


Alternator adalah komponen mesin yang mengubah putaran menjadi arus listrik. Ini bisa rusak jika terendam air. Bila alternator tidak berfungsi amaka aki akan mudah tekor dalam waktu yang tidak lama. Mobil menjadi mogok akibat kehabisan listrik. Mati nya alternator di tandai dengan menyala nya indikator aki di dasbor. Jika anda mengalami hal ini, segera cari lah tempat yang aman untuk menepi dan hubungi perusahaan penyedia jasa derek mobil. Hal ini sebenar nya masih bisa di sikapi dengan membuatkan pelindung untuk alternator agar dapat menepis air. Kerugian yang di akibatkan alternator bisa mencapai 1-3 juta


Kopling Menempel


Kelembaban yang di akibatkan banjir akan mengakibatkan terjadi nya adhesi yang kuat antara plat kopling dan dekrup. Saat transmisi dalam posisi netral, kopling yang berada pada bagian dalam akan lepas sehingga plat kopling dan dekrup akan saling melekat kencang. Jika di biarkan selama satu malam saja, maka jangan aneh jika besok pagi nya transmisi mobil tidak akan dapat beroperasi. Ini di sebabkan plat kopling dan dekrup yang menempel dan berkarat. Sebagai pencegahan, jalankan mobil sekitar setengah jam setelah anda melewati bajir dengan cara melakukan perpindahan gigi sesering mungkin, hal ini guna membuat panas di kopling dan menguapkan kandungan air yang ada di dalam. Adapu kerugian yang di akibatkan kopling menempel bisa mencapai 2-5 Juta.


Rem Berkarat


Rem akan mudah berkarat seperti hal nya kopling bila terjadi kelembaban yang di akibatkan air banjir. Ciri yang bisa kita rasakan akibat menempelnya rem yaitu mobil akan tetap melaju meski rem tangan di gunakan. Untuk mencegah keadaan seperti ini, sesaat setelah melewati banjir, injaklah pedal rem sedikit sambil tetap menekan gas. Ini merupakan upaya membuang air dan juga untuk menimbilkan panas pada rem sehingga air dapat menguap.


Dan masih banyak kerusakan-kerusakan lain nya yang di akibatkan banjir.

Alternatif lain untuk menghindari kerusakan lebih parah pada mobil akibat banjir yaitu dengan menggunakan sewa mobil,

sehingga resiko-resiko tersebut akan terhindar selama anda mengganti pengoprasian mobil sendiri dengan mobil penyedia jasa rental mobil. Mereka, para penyedia jasa sewa mobil sudah mengantisipasi hal ini dengan mengasuransikan armada mobil nya dengan asuransi All Risk, sehingga kerusakan separah apapun bisa di usahakan untuk dapat di tanggung oleh pihak asuransi



Hindari Resiko Mobil Rusak Akibat Banjir Dengan Cara Sewa Mobil

Like the Post? Do share with your Friends.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IconIconIconFollow Me on Pinterest

What's Hot